Assalaamu'alaikum wr.wb. akhii dan ukhtii yang selalu dirahmati
oleh Allah SWT., ane masih melanjutkan blogging yang pada kali ini
akan mengulas materi seputar budaya kerja di Kementerian Keuangan. Yuk, mari
disimak dengan mengucap basmalah terlebih dahulu "Bismillaahirrahmaanirrahiim"
:)
Memahami Pentingnya Nilai-Nilai Kementerian Keuangan
(Integritas – Profesional – Sinergi – Pelayanan – Kesempurnaan)
(Integritas – Profesional – Sinergi – Pelayanan – Kesempurnaan)
Nilai-nilai
Kementerian Keuangan ini diwujudkan dalam 10 perilaku utama yang meliputi:
1. Bersikap tulus, jujur, dan dapat dipercaya.
2. Menjaga martabat dan tidak melakukan
hal-hal tercela.
3. Mempunyai keahlian dan pengetahuan yang
luas.
4. Bekerja dengan hati.
5. Memiliki sangka baik, saling percaya dan
menghormati.
6. Menemukan dan melaksanakan solusi terbaik.
7. Melayani dengan berorientasi pada kepuasan
pemangku kepentingan.
8. Bersikap proaktif dan cepat tanggap.
9. Melakukan perbaikan terus menerus.
10. Mengembangkan inovasi dan kreativitas.
1
Informasi Setiap Hari
Satu
Informasi Setiap Hari dimaksudkan untuk mendorong seluruh Pegawai Negeri Sipil
dan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan (Pegawai Kementerian
Keuangan) mencari informasi yang positif dan membaginya (sharing) dengan
Pegawai Kementerian Keuangan lainnya untuk pengetahuan bersama.
2 Menit Sebelum
Jadwal
Dua Menit
Sebelum Jadwal dimaksudkan untuk melatih, membiasakan
dan menumbuhkan kedisiplinan seluruh Pegawai Kementerian Keuangan dengan hadir
di ruang/tempat rapat 2 (dua) menit sebelum rapat di mulai sesuai jadwal, guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi rapat.
3 Salam
Setiap Hari
Tiga
Salam Setiap Hari dimaksudkan untuk mendorong seluruh Pegawai Kementerian
Keuangan terbiasa memberikan pelayanan terbaik dan bersikap sopan serta santun,
dengan memberikan salam sesuai dengan waktunya, yaitu selamat pagi, selamat
siang dan selamat sore.
4.
Rencanakan, Kerjakan, Monitor dan Tindaklanjuti ( Plan – Do – Check – Action)
Rencanakan,
Kerjakan, Monitor dan Tindaklanjuti dimaksudkan agar seluruh Pegawai
Kementerian Keuangan dalam melaksanakan tugas sehari-hari menerapkan etos kerja
dan prinsip manajemen/organisasi yang baik, dengan senantiasa membuat
perencanaan terlebih dahulu, mengerjakan hingga tuntas, memantau dan
mengevaluasi proses dan hasil terhadap sasaran dan spesifikasi dan melaporkan
hasilnya, dan menindaklanjuti hasil untuk membuat perbaikan.
5.
Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin
Ringkas,
Rapi, Resik, Rawat, Rajin dimaksudkan untuk mendorong tumbuhnya kesadaran,
keyakinan, dan kepedulian Pegawai Kementerian Keuangan akan pentingnya penataan
ruang kantor dan dokumen kerja yang ringkas, rapi, resik/bersih melalui
perawatan yang dilakukan secara rutin, agar tercipta lingkungan kerja yang
nyaman guna meningkatkan etos kerja dan semangat berkarya.
Tujuan
Atau Manfaat Budaya Kerja
Budaya kerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang. Dan beberapa poin positif, antara lain :
1. meningkatkan jiwa gotong royong
2. meningkatkan kebersamaan
3. saling terbuka satu sama lain
4. meningkatkan jiwa kekeluargaan
5. meningkatkan rasa kekeluargaan
6. membangun komunikasi yang lebih baik
7. meningkatkan produktivitas kerja
8. tanggap dengan perkembangan dunia luar, dll.
Sekian yang bisa ane sampaikan pada kesempatan kali
ini, dan jangan khawatir pada kesempatan yang akan datang Insyaa Allah ane
bakal nge-blog lagi yang berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jika ada
pertanyaan dan masukan jangan segan-segan untuk disampaikan, silahkan sampaikan
saja dalam blog ini. Akhir kata, wabillaahi
taufiqwalhidayah, Wassalaamu'alaikum warrohmatullahii wabarokaatuh...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar