Jumat, 24 Juli 2015

Budaya Kerja di Kementerian Keuangan

Budaya Kerja di Kementerian Keuangan



       Assalaamu'alaikum wr.wb. akhii dan ukhtii yang selalu dirahmati oleh Allah SWT., ane masih melanjutkan blogging yang pada kali ini akan mengulas materi seputar budaya kerja di Kementerian Keuangan. Yuk, mari disimak dengan mengucap basmalah terlebih dahulu "Bismillaahirrahmaanirrahiim" :)


Memahami Pentingnya Nilai-Nilai Kementerian Keuangan
(Integritas – Profesional – Sinergi – Pelayanan – Kesempurnaan)

Nilai-nilai Kementerian Keuangan ini diwujudkan dalam 10 perilaku utama yang meliputi:
1.     Bersikap tulus, jujur, dan dapat dipercaya.
2.     Menjaga martabat dan tidak melakukan hal-hal tercela.
3.     Mempunyai keahlian dan pengetahuan yang luas.
4.     Bekerja dengan hati.
5.     Memiliki sangka baik, saling percaya dan menghormati.
6.     Menemukan dan melaksanakan solusi terbaik.
7.     Melayani dengan berorientasi pada kepuasan pemangku kepentingan.
8.     Bersikap proaktif dan cepat tanggap.
9.     Melakukan perbaikan terus menerus.
10. Mengembangkan inovasi dan kreativitas.

1 Informasi Setiap Hari

Satu Informasi Setiap Hari dimaksudkan untuk mendorong seluruh Pegawai Negeri Sipil dan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan (Pegawai Kementerian Keuangan) mencari informasi yang positif dan membaginya (sharing) dengan Pegawai Kementerian Keuangan lainnya untuk pengetahuan bersama.

2 Menit Sebelum Jadwal

Dua Menit Sebelum Jadwal dimaksudkan untuk melatih, membiasakan dan menumbuhkan kedisiplinan seluruh Pegawai Kementerian Keuangan dengan hadir di ruang/tempat rapat 2 (dua) menit sebelum rapat di mulai sesuai jadwal, guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi rapat.

3 Salam Setiap Hari

Tiga Salam Setiap Hari dimaksudkan untuk mendorong seluruh Pegawai Kementerian Keuangan terbiasa memberikan pelayanan terbaik dan bersikap sopan serta santun, dengan memberikan salam sesuai dengan waktunya, yaitu selamat pagi, selamat siang dan selamat sore.


4. Rencanakan, Kerjakan, Monitor dan Tindaklanjuti ( Plan – Do – Check – Action)

Rencanakan, Kerjakan, Monitor dan Tindaklanjuti dimaksudkan agar seluruh Pegawai Kementerian Keuangan dalam melaksanakan tugas sehari-hari menerapkan etos kerja dan prinsip manajemen/organisasi yang baik, dengan senantiasa membuat perencanaan terlebih dahulu, mengerjakan hingga tuntas, memantau dan mengevaluasi proses dan hasil terhadap sasaran dan spesifikasi dan melaporkan hasilnya, dan menindaklanjuti hasil untuk membuat perbaikan.


5. Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin

Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin dimaksudkan untuk mendorong tumbuhnya kesadaran, keyakinan, dan kepedulian Pegawai Kementerian Keuangan akan pentingnya penataan ruang kantor dan dokumen kerja yang ringkas, rapi, resik/bersih melalui perawatan yang dilakukan secara rutin, agar tercipta lingkungan kerja yang nyaman guna meningkatkan etos kerja dan semangat berkarya.


Tujuan Atau Manfaat Budaya Kerja


Budaya kerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.  Dan beberapa poin positif, antara lain :

1. meningkatkan jiwa gotong royong
2. meningkatkan kebersamaan
3. saling terbuka satu sama lain
4. meningkatkan jiwa kekeluargaan
5. meningkatkan rasa kekeluargaan
6. membangun komunikasi yang lebih baik
7. meningkatkan produktivitas kerja
8. tanggap dengan perkembangan dunia luar, dll.




       Sekian yang bisa ane sampaikan pada kesempatan kali ini, dan jangan khawatir pada kesempatan yang akan datang Insyaa Allah ane bakal nge-blog lagi yang berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jika ada pertanyaan dan masukan jangan segan-segan untuk disampaikan, silahkan sampaikan saja dalam blog ini. Akhir kata, wabillaahi taufiqwalhidayah, Wassalaamu'alaikum warrohmatullahii wabarokaatuh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar